VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI SERTA KE KHASAN SEKOLAH
A. Visi Sekolah
"Mewujudkan sekolah yang unggul dalam Iptek dan Imtaq yang berlandaskan al quran dan hadits.”
Indikator visi
1) Unggul dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
2) Unggul dalam pengembangan Kurikulum yang mengacu 8 standar pendidikan.
3) Unggul dalam pelaksanaan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dengan pendekatan SCIENTIFIC Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
4) Unggul dalam kejujuran, disiplin, peduli, santun, percaya diri, dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam.
5) Unggul dalam karakter warga sekolah yang berbudi pekerti luhur, bersih dari narkoba dan peduli terhadap kelestarian fungsi lingkungan
B. Misi Sekolah
1) Mewujudkan sistem pendidikan IPTEK dan IMTAQ.
2) Melahirkan insan berkualitas tinggi dalam Al Islam dan Pengetahuan Umum.
3) Menjadikan SMP Muhammadiyah 10 Sekolah Unggulan sebagai sumber penyebarluasan pendidikan berkualitas dan dijiwai agama.
4) Mendorong siswa untuk mengenali potensi diri sebagai seorang muslim yang hidup bersih, sehat jasmani dan rohaniC. Tujuan Satuan Pendidikan
Dalam rangka mewujudkan peserta didik yang kooperatif dalam wadah SMP Muhammadiyah 10 Makassar, maka tujuan sekolah dirumuskan berdasarkan Standar Kompetensi kelulusan yang terdapat pada Permen Diknas Nomor 23 Tahun 2006.
Standar Kompetensi Kelulusan yang dimaksud adalah :
1) Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
2) Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3) Menunjukkan sikap percaya diri
4) Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan lebih luas
5) Menghargai keragaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dan lingkungan nasional
6) Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain, secara logis, kritis, kreatif dan inovatif
7) Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
8) Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
9) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10) Mendiskripsikan gejala alam dan sosial
11) Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
12) Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
13) Menghargai karya seni dan budaya nasional
14) Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
15) Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
16) Berkomunikasi dan beriteraksi secara efektif dan santun
17) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
18) Menghargai adanya perbedaan pendapat
19) Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
20) Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21) Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah.
D. Tujuan
Tujuan tersebut secara bertahap akan dimonitor, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu 1 (satu) tahun sebagai berikut :
1) Terlaksanakannya program tadarrus Al Quran mampu membaca dengan fasih dan menghafal
2) Meningkatkan pengamalan syariat Islam dan akhlakul karimah secara optimal.
3) Terpenuhinya perangkat pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan nilai religious dan budi pengerti.
4) Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya.
5) Terpenuhinya perangkat pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan nilai religious dan budi pengerti
6) Meningkatkan pemahaman kurikulum yang berlaku
7) Meningkatkan sumberdaya murid, pendidik dan tenaga pendidikan.
8) Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan
9) Terwujudnya peningkatan prestasi di bidang akademik dan non akademik.
10) Meningkatkan nilai rata-rata USBN/UNBK
11) Meningkatnya presentasi lulusan yang diterima di sekolah negeri (SMA/SMK/MA)
12) Terlaksananya program 10 K (Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kebersihan, Kekeluargaan, Kerindangan, dan Kesehatan) sehingga sekolah menjadi kondusif, terlaksananya program 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, dan Santun)
13) Terwujudnya budaya gemar membaca, literasi, kerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif dan inovatif.
14) Berkomunikasi secara jelas dan santun
15) Menunjukkan kemampuan tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
16) Mematuhi aturan social yang berlaku dalam lingkungannya.
17) Mengembangkan potensi seluruh warga sekolah dalam kegiatan pembelajaran dan bimbingan.
18) Meningkatkan kerjasama sekolah dengan pemerintah, komite sekolah dan
E. KeKhasan
1) The Integrated Scientific-Spiritual School (Integrasi Iptek & Imtaq)
2) Karakter "Kader Muhammadiyah Berkemajuan"
3) Sekolah Berbudaya Lingkungan (Eco-Islamic School)
Social Plugin